Kimia Sekolah Dasar Tuliskan minimal 2 paragraf yang kamu ketahui tentang “Panas serta perpindahannya” !

Tuliskan minimal 2 paragraf yang kamu ketahui tentang “Panas serta perpindahannya” !

Jawaban:

1. Konduksi (Aliran)

Konduksi merupakan perpindahan panas melalui zat padat yang tidak ikut mengalami perpindahan. Apabila ujung sebatang logam dipanaskan di atas api, maka ujung yang lain akan menjadi panas.

2. Konveksi (Hantaran)

Konveksi merupakan perpindahan panas melalui aliran yang zat perantaranya ikut berpindah. Konveksi sering terjadi pada zat cair dan gas. Contohnya adalah air yang dipanaskan akan memuai sehingga massa jenisnya menjadi berkurang. Karena massa jenis berkurang, air kemudian bergerak naik.

Selain itu, konveksi juga terjadi pada gas ketika udara panas naik dan udara yang lebih dingin turun. contoh konveksi udara terjadi ketika angin darat dan angin laut di pantai, gerakan balon udara, dan asap cerobong pabrik.

3. Radiasi (Pancaran)

Radiasi merupakan perpindahan kalor tanpa zat perantara (pancaran). Radiasi yang dipancarkan atau diserap oleh benda bergantung terhadap warna benda. Benda yang berwarna terang menjadi pemancar atau penyerap kalor yang buruk sedangkan warna hitam akan menjadi penyerap kalor yang baik.

Sebagai contohnya jika mengenakan baju warna hitam pada siang hari tubuh akan merasa lebih cepat panas. Contoh lain dari radiasi adalah tubuh akan terasa hangat jika dekat dengan api, pakaian akan menjadi kering bila dijemur di bawah sinar matahari.

Penjelasan:

semoga membantu ya:)